Thursday, June 13, 2013

Tutorial Cara Mudan dan cepat Install ulang semua Windows Xp, 7, dan 8 Dari Flash Disk Menggunakan Rufus

Posted by DEDE KURNIAWAN on 6/13/2013 11:03:00 AM

 Banyak sekali pengguna Operating System Windows, Baik itu Windows XP maupun Windows 7 dan Windows 8. Namun ada suatu waktu Operating System tersebut mengalami kerusakan, seperti Windows sering Hang, kinerja menjadi lambat, ataupun alasan lainnya, yang memerlukan install ulang kembali Windows.

Bagi pengguna yang tidak memiliki DVD Disk Drive seperti Netbook kecil, atau internal DVD Drivenya rusak, mungkin ini cukup membingungkan, karena satu-satunya jalan menginstall ulang Windows hanya melalui Flashdisk.

Ada cara lain untuk membuat flashdisk bootable dengan cepat dan mudah. Jika dahulu kita membuatnya dengan winToFlash, tapi kali ini berbeda dan tentunya lebih mudah. Kita akan membuatnya dengan software Rufus. Syaratnya file yang akan dibuat harus file ISO. Rufus merupakan jenis freeware yang sangat ringan dan portable berukuran kecil yang berfungsi untuk membuat bootable flashdisk.
Sekilas tentang file ISO
Sebenarnya saya juga tidak sepenuhnya paham dengan file ISO. Namun menurut saya, file ISO sama halnya seperti file back-up dari sebuah CD yang bisa dibuat oleh kita dengan bantuan software (jika pada OS Windows, tapi jika pada Linux saya dengar bisa dibuat tanpa software). Dengan kata lain, file ISO merupakan klonningan dari file yang terdapat pada CD.

Ada juga yang mengatakan jika file ISO merupakan gambaran atau image dari sebuah disk CD-ROM yang berisi salinan akurat dari CD aslinya. Untuk membukanya kita harus membakar terlebih dahulu sebuah file ISO pada sebuah CD untuk mengekstrak isinya. Namun kabarnya sekarang kita dapat membukanya dengan Undisker. Contoh :
Jika selama ini kita menginstall OS pada komputer menggunakan DVD instalasi, maka kita juga bisa mendapatkan file yang sama persis dengan isi pada DVD tersebut, tapi berjenis file ISO dengan men-downloadnya pada situs microsoft. Kurang lebihnya begitulah, hehe...

Ok, sekarang kita kembali lagi ke topik. Dalam fungsinya untuk menginstal sistem operasi lewat flashdisk, langkah ini merupakan persiapan awal yang kita lakukan sebelum langkah setting bios pada komputer maupun laptop kita. Dan Rufus memiliki kelebihan paling cepat jika dibandingkan dengan software yang lain

Langkah pembuatan bootable flashdisk dengan Rufus :
1. Langkah pertama download dulu softwarenya : Download Rufus (154KB)
2. Pasang Flashdisk pada komputer
3. Double klik / jalankan  Rufus
4. Pilih perangkat Device yang digunakan untuk membuat bootable flashdisk atau lewati saja langkah ini, karena akan terdeteksi secara otomatis
5. Karena kita akan membuat bootable disk dari file ISO, maka pilih tombol ISO Image dan klik gambar (lihat panah merah !)

cara membuat flashdisk bootable

6. Cari file ISO yang akan dieksekusi dan klik tombol Start
7. Selesai sudah.

Kecepatan perbandingan antara Rufus dan aplikasi lainnya yang sejenis dan data ini saya peroleh langsung dari situs resminya :
Waktu untuk membuat Windows 7 x64: en_windows_7_ultimate_with_sp1_x64_dvd_618240.iso

- Windows 7 USB / DVD Download Alat v1.0.30 8 menit 10s
- Universal USB Installer v1.8.7.5 7 menit 10s
- UNetbootin v1.1.1.1 6 menit 20-an
- RMPrepUSB 4 menit 10s
- WiNToBootic v1.2 3 menit 35S
- Rufus v1.1.1 3 menit 25s
 
 
 

CARA DOWNLOAD
1. klik link donwload software atau keygen / serial number
2. anda akan di arahkan ke link adf.ly seperti gambar di bawah ini
 

3. klik tulisan SKIP AD warna kuning di pojok kanan atas
4. kemudian anda akan di arahkan lagi ke link adfoc.us seperti gambar di bawah ini
 5. klik tulisan SKIP yang ada di pojok akan atas seperti yang saya lingkari
6. kemudian anda akan diarahkan ke link yang dituju
7. selamat men-download
 

Daftar Post Terpopuler

RANDOM POST's

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MENU POST

Myblog Contents

Facebook Fans Page

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site