Saturday, March 8, 2014

Download Software untuk Format Flash Disk Kingston yang Write Protected dan / atau Tidak Terdeteksi

Posted by DEDE KURNIAWAN on 3/08/2014 09:28:00 PM

Flash Disk adalah Data Strorage modern yang memudahkan penggunanya karena ukuranya  yang mini sehingga mudah dibawa kemana-mana dan mendukung semua jenis komputer. Berbeda dengan Data Storage lama seperti CD atau Disket, Flash Disk dianggap lebih mobile  sehingga sangat populer akhir-akhir ini, apalagi harganya sudah sangat terjangkau.


Terlepas dari banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari Flash Disk, ada beberapa masalah yang umum ditemui dalam penggunaan Flash Disk tersebut diantaranya Flash Disk terkena Write Protected sehingga tidak bisa digunakan lagi dan / atau Flash Disk tidak terdeteksi di Windows Explorer padahal di Safety Remove Hardware pada System Tray terdeteksi. Jika masalah tersebut yang sedang menimpa Flash Disk anda jangan langsung putus asa, ada banyak sekali referensi yang bisa anda cari di Google dan salah satunya adalah yang saat ini sedang anda baca. 


Dalam kasus ini, Flash Disk yang saya format adalah Kingston DT101 G2 8GB. Sebelum memulai ada baiknya persiapkan diri secara fisik dan  mental karena tidak ada jaminan semua Flash Disk bisa berhasil  dengan cara ini, saya hanya ingin share berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri dengan Flash Disk diatas. Setidaknya bisa memberikan sedikit bantuan dan gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memformat Flash Disk yang mempunyai masalah yang sama.
 
Langkah Pertama : Download dan Instal software-software sebagai berikut :
1. Usbdeview
bisa anda download disini. atau disini
2. AlcorMP_AU69x_120210_MD_2 atau
AlcorMP 121214.eD3 (AU6989, AU6998, SC908) *
3. HPDriveKeyBootUtility_v7.41.3790.0
4. HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3

    *Software ini hanya berlaku untuk beberapa Flash Disk tertentu saja. Untuk mengetahui software yang cocok dengan Flash Disk anda, gunakanlah software Usbdeview untuk mengetahui terlebih dahulu VendorID dan ProductID -nya. Hal ini dikarenakan tidak semua Flash Disk mempunyai VendorID dan ProductID yang sama walaupun merek dan jenisnya sama. maka dari itu untuk melihat VendorID dan ProductID gunakan software USBdeview atau USB Viewer diatas. 


Setelah itu, buka situs http://flashboot.ru/iflash.html (sebaiknya gunakan Google Translate karena berbahasa Rusia) dan masukkan VendorID dan ProductID ke kolom pencarian yang  telah disediakan.
 copy paste nomor idVendor misal 0951 dan idProduct misal 1624.

Tekan tombol cari dan akan menampilkan beberapa hasil pencarian. Sesuaikan merek dan jenis Flash Disk anda (jika tidak ada bisa mencoba yang sama merek walaupun berbeda jenis tapi ingat tidak ada jaminan akan cocok) dan di kolom sebelah kanannya tercantum nama Software-nya. Copy dan Search di kotak pencarian situs tersebut atau bisa juga di Google dan download softwarenya
 

Langkah Kedua : Colokkan Flash Disk ke komputer/laptop dan buka aplikasi alcorMP_AU69x_120210_MD_2 dengan  melakukan perubahan di beberapa bagian Setup diantaranya:
1. Mode : fixed disk
2. MP Mode : Capacity Optimize
3. Scan Level : Full Scan 1
4. Scan Mode : Low Level Format
5. SN : Random Set
6. ECC : 0
 

 
Langkah Ketiga : Klik menu Start(A) setelah sesuai dengan setup diatas dan tunggu beberapa menit sampai flash disk selesai melakukan format. Jika Flash Disk belum berhasil diformat karena terlalu banyak Bad Sectore maka ulangi sekali lagi tapi kali ini dengan Scan Mode yang High Level Format.


Langkah Keempat : Klik menu Eject(E) tapi biarkan Flash Disk tetap tercolok di komputer/laptop
 

Langkah Kelima : Restart komputer/laptop tanpa mencabut Flash Disk. Jika setelah restart Flash Disk tetap belum normal maka lanjutkan ke langkah keenam.
Langkah Keenam : Jalankan aplikasi HPDriveKeyBootUtility_v7.41.3790.0 untuk melakukan format pada Flash Disk karena biasanya belum terdeteksi di Windows Explorer.

Langkah Ketujuh : Setelah diformat dengan aplikasi tersebut, biasanya kapasitasnya akan berkurang drastis ( misalnya FD 8 GB menjadi 4 GB ). untuk mengembalikan kapasitas asli Flash Disk tersebut maka harus diformat ulang lagi. Akan tetapi kali ini dengan menggunakan aplikasi berbeda yakni HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3. Jalankan Softwarenya dan format seperti biasa.

Langkah Kedelapan: Insya Allah Flash Disk anda akan kembali normal lagi.






===========================================
CARA DOWNLOAD
1. klik link donwload
2. anda akan di arahkan ke link adf.ly seperti gambar di bawah ini
 
3. klik tulisan SKIP AD warna kuning di pojok kanan atas
4. kemudian anda akan di arahkan lagi ke link adfoc.us seperti gambar di bawah ini
 
 5. klik tulisan SKIP yang ada di pojok akan atas seperti yang saya lingkari
6. kemudian anda akan diarahkan ke link yang dituju
7. selamat men-download

0 comments:

Post a Comment

Daftar Post Terpopuler

RANDOM POST's

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MENU POST

Myblog Contents

Facebook Fans Page

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site