Thursday, February 11, 2016

Download Software Screenshot Komputer Windows Terbaik Penuh Fitur

Posted by DEDE KURNIAWAN on 2/11/2016 11:52:00 AM

Software screenshot adalah sebuah program yang berfungsi untuk memotret layar windows dengan cara yang sederhana. Tidak hanya itu, beberapa dari mereka juga sudah memiliki alat editing inbuit. Ini memungkinkan para pengguna untuk dapat mengedit hasil screenshot langsung dari dalam aplikasi. Setelah melakukan pencarian terkait software screenshot ini, saya menemukan banyak rekomendasi dari berbagai situs. Beberapa software screenshot ini adalah ScreenPresso, Jing, PicPick, dan Cropper. Untuk keperluan software screenshot gratis yang menawarkan fitur beragam (terutama tools editing), pilihan saja jatuh pada PicPick by NGWIN. ^_^
Software Screenshot Komputer Windows


PicPick adalah sebuah software screenshot untuk perangkat windows komputer yang memiliki fitur cukup lengkap (dibandingkan program screenshot gratis lainnya). Selain itu, hal lainnya yang menjadi pertimbangan saya untuk software ini adalah kemudahan yang diberikan dalam menangkap screenshot.

Cara Menggunakan PicPick Screenshot

Saat anda membuka software ini, anda akan dihadapkan pada window yang berisi berbagai peralatan. Ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Editng Gambar
  2. Screen Capture
  3. Grafik Aksesoris
Software Screenshot PC Windows

Sedikit ulasan tentang bagian yang pertama pada gambar diatas, menu ini memungkinkan kita untuk dapat menggunakan picpick sebagai software editing gambar. Namun, disini kita akan fokus tentang bagaimana cara mengambil screenshot menggunakan software picpick. Pada bagian 2, terdapat beberapa pilihan mode pengambilan screenshot, untuk tahap awal ini dicontohkan dengan menggunakan mode Region.
Menggunakan region selection

Klik "Region" yang terdapat pada daftar screen capture, akan akan dibawa pada window yang sedang aktif, terdapat juga Pixel Ruler yang akan membantu untuk penentuan posisi screenshot. Untuk mulai menseleksi area, arahkan kursor ke titik (koordinat) yang akan menjadi koordinat awal area screenshot dan klik-Kiri pada mouse. Selanjutnya geser mouse untuk mulai melakukan seleksi pada area yang akan di capture. Setelah seleksi area telah ditentukan, klik-kiri untuk menangkap screenshot pada area yang telah ditentukan. Secara default, anda akan dibawa pada antarmuka editor gambar picpick seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Antarmuka editor gambar picpick

Seperti yang anda lihat, antarmuka editor ini sangat mirip dengan antarmuka program Paint bawaan windows. Hanya saja beberapa menu editing yang ditawarkan jauh lebih lengkap. Next, kita akan masuk pada beberapa peralatan editing yang disediakan oleh software screenshot picpick ini.

PicPick Screenshot Editor: Insert Text, Shape, Efek, dll

Insert Text: Seperti halnya yang dimiliki oleh kebanyakan aplikasi screenshot untuk PC, PicPick juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan text pada gambar screenshot. Beberapa kontrol dasar mengenai text adalah horizontal align (kiri, kanan, tengah),  vertikal align (atas, tengah, bawah), warna text, bold, italic, jenis dan ukuran font.

Untuk mulai menambahkan text pada gambar screenshot, klik menu "Insert Text" yang terdapat pada toolbar atas kemudian tentukan dimana anda akan meletakkan text pada gambar (block area gambar yang akan ditambahkan text).
Menambahkan text pada screenshot

Untuk insert text, picpick tidak mendukung kustomisasi (penyesuaian) background latar text. Namun, jika anda hendak memberikan background pada text, anda dapat melakukannya dengan membuat kombinasi text dan shape. Caranya, pada toolbar atas, pilih shape yang anda kehendaki dan tambahkan ke screenshot.
Menambahkan shape ke screenshot

Atur juga background dan border shape melalui tool bar "Color". Jika telah selesai, setting z-index shape ke "back" dengan cara klik-Kanan pada shape dan pilih "Send to Back".
atur shape ke belakang

Hasil dari langkah-langkah diatas kurang lebih akan terlihat seperti screenshot dibawah, anda juga bisa menyesuaikan tranparansi background melalui setting Opacity.

Ada banyak fitur editing yang bisa anda gunakan baik itu untuk tujuan memberikan keterangan pada screenshot maupun hanya sekedar untuk kebutuhan mempercantik gambar screenshot anda, fitur-fitur lainnya ini berupa, Highlight, Magnify Effect (efek kaca pembesar), Manual draw, Stamps, Filter (blur, sharpen, invert, dll), Rotasi, Resize, Selection (copy, crop, rotate bagian tertentu dari screenshot), dan masih banyak lagi.
Contoh hasil screenshot dan editing

PicPick Screenshot Settings

Selain perlengkapan menu editor, picpick juga memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan penyesuaian. Ini misalnya kontrol kualitas gambar screenshot, Setting default background antarmuka editor, Pengaturan Hot Key (tombol cepat) capture screenshot, dan masih banyak lagi. Untuk mengakses pengaturan, klik File dan pilih "Program Options".
pengaturan program screesnhot
Setting bahasa picpick: Selanjutnya akan terbuka window setting picpick, tepatnya menu setting umum program (general). Pada setting general ini, anda bisa mengubah bahasa picpick ke bahasa yang anda kehendaki, tersedia juga bahasa Indonesia.
Setting bahasa program screenshot laptop ke bahasa indonesia

Setting Image Quality: Pengaturan kualitas hasil screenshot bisa anda jumpai pada menu "Images". Untuk kualitas, disarankan memberikan nilai maksimum (100). Ini karena jika anda mengatur kualitas ini dengan value yang rendah, kualitas gambar akan sangat buruk. Jika anda merasa ukuran gambar screenshot terlalu besar karena telah di setting ke nilai maksimum, untuk mengkompresi ukuran gambar lebih disarankan dengan menggunakan software images Compressor.
Mengatur kualitas gambar screenshot

Setting Hot Key: Hot Key adalah kombinasi tombol yang akan digunakan sebagai cara pintas untuk mulai memotret layar dengan mode capture tertentu.
Setting hot key program software screenshot

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, terdapat pilihan kombinasi tombol yang telah disediakan oleh picpick, untuk mengaktifkan suatu tombol, beri tanda checklist pada tombol yang akan digunakan. Sebagai contoh, bisa anda lihat pada "Capture Region". Hot Key yang diguanakan untuk Capture Region ini adalah "Ctrl + F6".

Setelah Hot Key telah diatur, untuk mulai mengambil screenshot pada layar (dalam kasus ini dengan mode region), cukup tekan Ctrl + F6 pada keyboard (tekan dan tahan ctrl kemudian tekan F6), dan kemudian mulai menseleksi area yang akan ditangkap.

Kesimpulan:
PicPick adalah software screenshot gratis yang tersedia untuk perangkat PC dengan ketersediaan fitur yang cukup beragam. Antarmuka picpick juga terbilang sangat mudah dipahami. Software screenshot ini juga mendukung berbagai pengesuaian, mulai dari kontrol output gambar hingga ke penyesuaian untuk pengoperasian program.

0 comments:

Post a Comment

Daftar Post Terpopuler

RANDOM POST's

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MENU POST

Myblog Contents

Facebook Fans Page

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site