Friday, March 18, 2016

Downlaod Software YUMI || Cara Membuat Bootable Windows Kedalam Flashdisk

Posted by DEDE KURNIAWAN on 3/18/2016 11:37:00 AM



Cara Membuat Bootable Windows Kedalam Flashdisk dengan YUMI

Cara Membuat Multiboot Kedalam FlashDisk dengan YUMI

Hari ini saya akan membagikan cara membuat bootable Windows ke dalam Flash Disk. Cara ini berguna apabila PC / Laptop kamu tidak memiliki perangkat CD-ROM atau DVD-ROM, selain itu jika membuat bootable windows dengan flashdisk, error pada saat installasi sistem operasi dapat dikurangi, sehingga installasi sistem operasi dapat berjalan lebih maksimal. Nah untuk membuat bootable file ISO Windows ke dalam flashdisk, kamu membutuhkan sebuah software yang bernama YUMI [ Unviversal USB Installer ]. YUMI sendiri bisa kamu download disini.

Sistem Operasi yang Didukung

Dengan menggunakan YUMI, kamu bisa menginstall berbagai macam sistem operasi seperti :

- Linux dan distribusinya [ Ubuntu, Kubuntu, Debian, Linux Mint, dll ]
- Windows [ Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 hingga Windows 10 ]
- Hiren's Boot CD, Live CD Antivirus, dll.

Cara Buat Bootable dengan YUMI

Saya sendiri sering menggunakan cara ini daripada di burn menggunakan DVD, karena jika menggunakan DVD pada saat installasi suka error. 

1. Format FlashDisk kamu kedalam format NTFS, caranya, klik kanan pada FlashDisk dan ganti System File FlashDisk dari FAT32 menjadi NTFS dan klik Start untuk memulai proses Format.

*Penting ! Proses Format ini akan menghapus segala data kamu yang ada di dalam FlashDisk, ada baiknya kamu membackup data kamu terlebih dahulu !


2. Jika sudah download, buka YUMI dengan cara klik 2x pada program tersebut. YUMI ini bersifat portable, alias tidak harus diinstall terlebih dahulu untuk menjalankannya, jika sudah dibuka, maka akan muncul tampilan yang seperti dibawah ini dan klik I Agree.


3. Pada langkah ini kalian akan membuat proses bootable. Ada 3 langkah yang perlu kalian perhatikan dari gambar dibawah ini.
Step 1 :
Pada langkah Step 1, kalian memilih perangkat USB yang ingin dijadikan media penyimpanan bootable. Bisa dilihat pada gambar dibawah saya menggunakan FlashDisk ukuran 8 GB ( 7 GB setelah diformat ).

Step 2 :
Pada step 2, kalian diharuskan memilih jenis sistem operasi yang akan dibuat bootabel. Tinggal kalian klik saja, nanti akan ada banyak pilihan jenis Sistem Operasi Linux / Windows. Karena dipostingan ini saya akan  membuat bootable Windows 10, maka saya memilih jenis OS Windows Vista / 7 / 8 Installer ( karena Windows 10 memiliki fitur bootable yang tidak jauh berbeda dengan OS tersebut ).

Step 3 :
Pada Step 3, kalian tinggal masukkan lokasi penyimpanan file .ISO Windows yang kalian punya. 


Jika sudah disetting semuanya, kalian tinggal klik tombol Create.

4. Nanti akan muncul pesan peringatan seperti dibawah ini, pastikan kalian sudah memilih perangkat USB yang benar untuk dijadikan media bootable. Jika sudah yakin tinggal kli Yes dan tunggu beberapa menit hingga proses penyalinan file selesai, selama proses penyalinan file, disarankan ngopi dulu deh hehe :D



5. Proses penyalinan file berlangsung beberapa menit sekitar 10 atau 15 menit tergantung kecepatan FD serta besarnya file .ISO yang digunakan.




5. Setelah selesai maka YUMI akan memberitahu kepada kalian bahwa proses sudah komplit.


6a. Perhatikan gambar pada langkah 6 diatas, jika kalian hanya ingin membuat bootable untuk 1 sistem operasi, sampai langkah 6 ini sebenarnya sudah selesai. nantinya YUMI akan menampilkan pesan seperti dibawah ini. Kalian klik Tombol No dan klik Finish.




Namun apabila kalian ingin menambahkan OS lainnya kedalam FD kalian dengan YUMI, kalian klik tombol YES dan kemudian YUMI akan kembali ke langkah 2 seperti diatas.

0 comments:

Post a Comment

Daftar Post Terpopuler

RANDOM POST's

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MENU POST

Myblog Contents

Facebook Fans Page

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site